Tips Agar Masakan Anda di Rumah terbebas dari Covid-19

Langkah-langkah menjaga jarak sosial membuat banyak orang Amerika memasak di rumah selama pandemi coronavirus, sehingga seorang pakar keamanan makanan memiliki tips untuk menyimpan dan menyiapkan sisa makanan dengan benar.

Salah satu langkah keamanan paling penting adalah menempatkan makanan yang mudah busuk seperti buah dan sayur atau makanan yang membutuhkan penyimpanan dingin agar tetap aman, masukanlah di dalam kulkas atau freezer jika masakan telah melawati waktu dua jam setelah dimasak, kata Elizabeth Andress, spesialis keamanan makanan di Universitas Georgia. .

“Memasak dapat menghilangkan semua kekhawatiran akan adanya bakteri dan virus dari makanan namun mereka masih harus dijaga pada suhu yang disarankan,” kata Andress dalam rilis berita universitas. “Setelah makanan dimasak dengan aman, nikmati makanan Anda, tetapi dalam waktu dua jam setelah memasak makanan atau setelah itu anda harus menjaganya agar tetap hangat di atas 140 derajat Fahrenheit (60oC), dan sisa makanan harus didinginkan untuk bisa dinikmati kembali,” tegasnya.

Bagilah makanan dalam jumlah besar ke dalam wadah yang dangkal. Potong atau potong daging panggang, ham dan unggas utuh menjadi potongan-potongan kecil yang ditempatkan dalam wadah kecil. Barang lain yang lebih besar seperti piring casserole harus dikemas dalam porsi yang lebih kecil.

Tempatkan sisa makanan dalam wadah yang tertutup rapat. Untuk penyimpanan freezer, kemasannya harus bahan yang lembab dan tahan uap untuk mencegah pembakaran freezer. Plastik harus berat freezer dan stoples kaca harus dimaksudkan untuk pembekuan dan memiliki tutup kedap udara.

Labeli setiap kemasan dengan nama makanan, bahan dan tanggal pengemasan. Kemas makanan dalam jumlah yang mungkin Anda gunakan pada satu waktu.

Ketika harus menyiapkan sisa makanan, pastikan tangan Anda bersih dan permukaan yang berfungsi seperti talenan dan alas, wadah penyimpanan makanan, dan peralatan lainnya telah dibersihkan dengan benar.

Ini juga “yang terbaik untuk memulai dengan celemek bersih dan handuk atau tisu cuci piring dan bukan yang Anda gunakan dalam persiapan makanan yang mungkin bersentuhan dengan residu makanan pada suhu kamar sendiri,” kata Andress.

Cara paling aman untuk mencairkan sisa makanan beku adalah di lemari es. Jika sisa makanan kemudian dipanaskan kembali, panaskan kembali setidaknya 165 derajat fahrenheit (73oC)dan periksa suhu bagian paling tebal dengan termometer makanan. Jika ada saus dan sup maka panaskan sampai mendidih.

“Menghindari penyakit bawaan makanan adalah penting, jadi jangan mengambil jalan pintas atau membuang waktu untuk mendapatkan tugas ini dengan menyimpan sisa makanan disembarang tempat,” kata Andress.

Sumber: Klik disini