Stres yang Dialami Orang Tua Saat Wabah Covid-19 Harus Dihindari dan Mari Berikan Bantuan Keorang lain!!

Ketika jumlah kasus virus korona meningkat dan keluarga menghabiskan waktu yang lama dalam isolasi, orang tua menghadapi tekanan keuangan dan emosional yang unik. Penelitian menunjukkan bahwa stres keluarga menempatkan anak-anak pada peningkatan risiko pelecehan dan kekerasan, menurut American Academy of Pediatrics (AAP).

Akademi menyarankan orang tua dan pengasuh anak lain untuk meluangkan waktu untuk menjaga diri mereka sendiri, termasuk makan-makanan yang sehat, berolahraga dan cukup tidur. Penting juga untuk menjaga koneksi melalui telepon atau video ke teman, keluarga dan orang lain yang dapat memberikan dukungan, kata AAP dalam rilis berita.

“Selama masa kecemasan yang dapat dipahami ini, berikan kembali dan jangkau orang tua lainnya ketika mereka membutuhkan dukungan,” saran presiden AAP, Dr. Sara Goza. “Jika seseorang menyebut Anda frustrasi tentang bayi yang menangis atau balita yang berteriak, tawarkan bantuan.”

Anak-anak dapat menunjukkan tanda-tanda stres yang meningkat jika mereka terisolasi di rumah bersama keluarga mereka untuk waktu yang lama, yang dapat meningkatkan frustrasi bagi seluruh keluarga.