Jangan Khawatir!! Segala Jenis Daging Ternak Yang Anda Konsumsi Bebas dari Covid-19

Ada sedikit kabar baik tentang coronavirus baru atau covid-19 saat ini, seorang pakar mengatakan sepertinya ternak dan unggas tampaknya tidak berisiko terkena COVID-19.

Virus corona kemungkinan besar melompat dari spesies hewan ke manusia dan bermutasi menjadi virus yang kebanyakan menyerang manusia, kata Jim Roth, direktur Pusat Keamanan Pangan dan Kesehatan Masyarakat di Iowa State University.

“Jika ternak terkena virus dan sakit, kemungkinan besar kita akan tahu dari apa yang terjadi di negara lain,” kata Roth dalam rilis berita universitas. “Kelihatannya cukup spesifik spesies covid-19 ini hanya menyerang orang-orang saja,” kata Roth, seorang profesor mikrobiologi veteriner dan kedokteran pencegahan.

Para peneliti sedang memeriksa kemungkinan bahwa ternak mungkin mengembangkan infeksi kecil atau membawa coronavirus, tetapi virus ini masih terlalu baru untuk kesimpulan yang tegas saat ini, jelasnya.

Rendahnya tingkat risiko terhadap ternak dan unggas adalah berita baik bagi produsen ternak AS, pengepakan daging, dan konsumen, yang dapat menggunakan stabilitas karena ketidakpastian tentang virus corona membatasi banyak kegiatan sehari-hari yang normal, kata Roth.

Namun, ia menambahkan bahwa coronavirus dapat mengganggu pasokan makanan AS dengan menyebabkan kekurangan tenaga kerja untuk industri pengemasan daging.

Pengepakan, pemrosesan, dan distribusi daging terjadi sepanjang waktu, dan daging segar memiliki umur simpan terbatas, jadi jika sebagian besar karyawan pengemasan daging harus tetap di rumah karena virus korona, kekurangan tenaga kerja dapat memperlambat operasi di pabrik, Roth menjelaskan.

Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa daging, susu, dan telur tetap aman dikonsumsi, katanya.

Sumber: Klik disini