Beberapa Saran Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah Saat Wabah Covid-19

Negara mana pun sekarang sedang melakukan Lockdown. Hal ini sangat penting untuk meminimalkan penyebaran Covid-19, tetapi apa dampaknya terhadap kesehatan dan kesejahteraan?

Penelitian menunjukkan bahwa kurang gerak badan buruk bagi kesehatan fisik dan mental Anda, jadi tetap aktif selama masa sulit ini sangat penting. Aktif secara fisik membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dan secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Ini juga membantu menjaga massa otot dan kepadatan tulang, mengurangi risiko pengembangan sarkopenia (kehilangan massa otot) dan osteoporosis (kehilangan kepadatan tulang).

Aktivitas fisik juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bekerja secara efektif karena ia membasmi bakteri dari paru-paru dan saluran udara, meningkatkan sirkulasi sel darah putih dan meningkatkan suhu tubuh, yang semuanya membantu tubuh melawan infeksi.

Banyak orang berolahraga di gym atau berlari di taman lokal, jadi dipaksa untuk menghabiskan waktu yang lama di rumah akan menimbulkan tantangan untuk tetap aktif. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk memastikan kita memanfaatkan situasi sebaik-baiknya dan menjaga diri kita tetap bugar dan sehat?

Pertama, jika Anda tidak sendirian dan diizinkan untuk menjelajah di luar (seperti yang bisa dilakukan orang di Inggris, tetapi hanya sekali sehari), maka berjalan teratur, berlari, atau bersepeda adalah cara yang bagus untuk tetap aktif. Pastikan untuk menjaga jarak dua meter dari orang lain.

Tetapi bahkan jika Anda terjebak di rumah, ada beberapa cara Anda dapat tetap aktif dan melanjutkan rutinitas latihan Anda – dan beberapa di antaranya membutuhkan peralatan yang sangat sedikit atau tidak sama sekali. Jika Anda cukup beruntung memiliki sepeda olahraga atau treadmill, maka Anda sudah terbiasa dengan cara tetap fit ini. Tetapi jika ini tidak memungkinkan maka aktivitas apa pun yang meningkatkan denyut jantung baik untuk kesehatan jantung.


Cobalah berjalan cepat di sekitar rumah atau naik turun tangga. Dan berdiri atau berjalan di sekitar saat Anda menggunakan telepon, daripada duduk. Menari juga merupakan cara yang bagus untuk tetap aktif, terutama dengan anak-anak, jadi nyalakan musik selama 10 hingga 15 menit, dua atau tiga kali sehari dapat benar-benar berkontribusi pada kuota olahraga harian.

Atau, Anda bisa melakukan lompat tali di halaman rumah, yoga, tai chi atau DVD pilates, atau menggunakan banyak aplikasi dan video YouTube yang mempromosikan aktivitas fisik. Latihan ketahanan juga dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan mobilitas Anda. Beberapa latihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan bobot atau band resistensi, tetapi jika Anda tidak memiliki akses ke mereka, itu tidak akan menghentikan Anda. Jongkok atau duduk tegak dari kursi yang kokoh, push-up ke dinding atau meja dapur, dan langkah kaki atau tangga tunggal di tangga semuanya bagus untuk mereka yang baru melakukan latihan semacam ini.


Anda bahkan bisa menggunakan kaleng kacang panggang, sekantong beras, air botolan, atau tepung untuk digunakan dengan baik. Mereka membuat pengganti beban besar atau, jika Anda mengikatnya dalam tas pembawa, Anda memiliki kettlebell yang diimprovisasi. Jika barang-barang ini tidak cukup berat untuk Anda, pertimbangkan untuk menggunakan barang terberat di banyak rumah tangga – anak-anak Anda. Tentu saja dengan aman.

Sumber: Klik disini