Bebearapa Hal yang Dapat Dilakukan Orang tua di Rumah Saat Wabah Covid-19

Sangat sulit bagi anak-anak untuk kehilangan struktur sekolah dan keterhubungan sosial yang disediakannya. Bagi sebagian besar anak-anak, perubahan mendadak dalam kehidupan saat mereka menjalaninya, hilangnya struktur siang hari, pemahaman mereka bahwa apa yang terjadi berkaitan dengan penyakit dan bahkan ketakutan akan kematian cenderung meningkatkan kecemasan mereka. Lebih dari 1 dari 4 anak-anak pada suatu waktu akan memiliki gangguan kecemasan, dan anak-anak ini sangat rentan terhadap kecemasan tinggi selama waktu ini.
Untungnya, mengambil beberapa langkah pencegahan dapat membantu melindungi kesehatan mental anak-anak dan orang tua mereka.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba di rumah:

1. Pertimbangkan untuk mengambil kursus online. Sementara banyak anak melakukan e-learning, atau pendidikan virtual, karena sekolah ditutup, beberapa mungkin kehilangan pelajaran di kelas saat ini. Kursus online dapat berfungsi sebagai suplemen. Ada banyak pilihan untuk setiap tingkat umur, termasuk beberapa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Ivy League.

2. Mainkan game virtual. Sementara anak-anak mungkin tertarik untuk bermain video game online dengan teman-teman, ini bisa termasuk bermain game strategi dengan kartu atau permainan papan via Skype dengan orang lain.

3. Menonton TV (acara pendidikan). Ini termasuk salah satu sacara untuk mengajarkan anak tentang sejarah dan ilmu pengetahuan.